Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Sabtu, 24 Desember 2016


Pembukaan

Langkah awal dari menganalisa jaringan adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari target.
Salah satunya adalah dengan mencari alamat ip.
Cara mencari alamat ip bisa dengan menggunakan bantuan dari beberapa software, contohnya Angry Ip Scanner, Nmap, Advanced Ip Scanner. Sedangkan yang akan kita pakai kali ini adalah Advanced Ip scanner.
Sekilas tentang Advanced Ip Scanner. Advanced Ip Scanner adalah salah satu software gratis yang dapat kita gunakan untuk mencari alamat ip dari sebuah jarngan.

Tujuan

Tujuan kita dengan melakukan percobaan ini adalah untuk mendapatkan ip yang masih aktif dari sebuah jaringan. Ingat, hanya mencari nomor ipnya saja, :)

Langkah-langkah


Saya membuat sebuah jaringan yang sederhana, terdiri dari dua laptop, satu hp android, dan satu modem wifi sebagai access point. Dan di laptop yang saya gunakan ini sudah terhubung pada jaringan tersebut.
  1. Pertama, buka Advanced IP Scanner
  2. Kemudian, klik IP berwarna biru, maka akan muncul nomor IP di bawahnya. Di sini  ada tulisan "192.168.1.1 - 192.168.1.254". Ini maksudnya bahwa yang akan di pindai adalah ip dari 192.168.1.1 sampai 192.168.1.254. Mengapa bisa seperti itu? karena ip pada laptop ini berada diantara 192.168.1.1 sampai 192.168.1.254. Kalau mau ditentukan sendiri angkanya juga boleh.
  3. Daaan inilah hasil yang kita dapatkan !! semua nomor ipnya ada disini. Lengkap dengan nama komputer, MAC address serta informasi-informasi lainnya =D
  4. Sampai disini saja, hahaha =D
Setelah berhasil mendapatkan alamat ip, lalu apa?

Tentu saja langkah selanjutnya adalah mau diapakan ip-ip tersebut. Mari ingat kembali apa tujuan kita melakukan kegiatan ini, hanya mencari ip saja. Tapi buat Anda yang belum puas sampai disini, Anda juga bisa kok mematikan komputer lain dari alamat ip tersebut, atau Full control, saling mengirim pesan, transfer file, dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu Radmin. Yang akan dibahas pada post selanjutnya.

Kesimpulan

Seluruh ip dalam sebuah jaringan terdiri dari berbagai macam perangkat, mulai dari komputer, hp, ap, dan juga router. Nah, perbedaan dari seluruh perangkat itu bisa dilihat dari bentuk ip, nama, Manufacturer, dan Mac address. Perbedaan yang paling kelihatan menurut saya adalah namanya. kalau ini jelas sekali. Biasanya kalau nomor ip sudah berganti nama yang agak pribadi (misalnya agus-PC, bagas-PC, asus-PC dll) itu adalah nama komputer pribadi.

Mengapa gambar screenshotnya bisa berbeda warna? hitam dan putih. 
Itu karena waktu pengambilan gambarnya dilakukan di waktu siang dan malam....... Loh?

Download

Advanced IP Scanner Terbaru

Referensi

  • Praktik 
  • https://pixabay.com/p-213649/?no_redirect untuk gambar ilustrasi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yukisaki - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -