Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Kamis, 22 Desember 2016

Definisi

CX ONE adalah software yang berguna untuk membuat rangkaian pengontrol PLC. Software ini terdiri dari CX-Programmer, CX-Simulator, CX-Designer, CX-Motion (Pro), CX-Position, CX-Drive, CX-Server, CX-Integrator, CX-Process Tool, CX-Thermo, CX-Sensor, dan NV-Designer. Tapi yang akan sering digunakan adalah CX-Programmer. Oleh sebab itu beberapa langkah di bawah ini akan memandu Anda untuk menginstall CX-Programmer saja. Namun bila Anda ingin menginstall CX ONE secara utuh juga dapat mengikuti langkah ini. Oke langsung saja buka cxone nya!

Langkah-langkah

  1. Pertama, buka file cxone, kemudian klik Extract. Tunggu sampai proses ekstrak selesai. Folder hasil ekstrak akan berada di tempat yang sama dengan file cxone.

     
  2. Masuk ke folder cx one, kemudian Anda akan menemui banyak file dan folder disana. Scroll turun ke bawah, lalu cari file setupnya. Atau biar lebih cepat, tekan tombol huruf S di keyboard.

  3. Pilih bahasa yang akan Anda gunakan, kita gunakan saja bahasa Inggris, atau yang lain juga boleh. Kemudian klik OK.
  4. Pada tahap ini, dibutuhkan software pendukung yaitu Net Framework yang versi lama. Klik Yes dan tunggu proses instalasi Net Frameworknya selesai.


  5. Setelah Net Framework selesai diinstall, kemudian saatnya untuk proses instalasi CX ONE yang sebenarnya. Klik Next untuk melanjutkan.
  6. Scroll ke bawah untuk membaca Lisence Agreementnya, atau langsung tandai I accept the terms of the lisence agreement. Lalu klik Next untuk melanjutkan.
  7. Pada bagian User Information ini Anda dapat mengisikan nama Anda atau nama sembarang. Pada lisencenya Anda dapat membelinya langsung dari perusahaan CX ONE, atau cari di google dengan kata kunci "cx one serial number". Setelah Anda berhasil mendapatkan serial numbernya, klik Next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  8. Regional Information adalah informasi tempat dimana Anda berada. mengingat kita mungkin sedang berada di Indonesia, pilih yang ada Asia-nya. Kemudian lanjut ke langkah berikutnya.
  9. Destination Location adalah folder yang akan digunakan untuk instalasi data CX ONE. biarkan saja default di Program Files. Anda juga dapat menggantinya dengan menekan tombol Browse.. kemudian pilih tempat mana yang ditentukan. Setelah selesai, lanjut ke langkah berikutnya.
  10. Setup Type adalah jenis instalasi yang akan diterapkan dalam menginstall sebuah software. Disini ada dua pilihan. Pilihan pertama adalah Complete, yaitu menginstall secara penuh semua menu CX ONE yang sudah disebutkan diatas. Pilihan keduanya adalah Custom, yaitu kita bisa menentukan sendiri bagian bagian yang akan diinstal dan yang tidak diinstall. Untuk pengguna baru disarankan memilih yang Complete, agar tidak ribet sehingga dapat loncat langsung ke langkah berikutnya. Sedangkan untuk penggunaan pemrograman PLC sederhana, kita hanya memerlukan CX-Programmer saja, hal ini saya maksudkan untuk menghemat ruang penyimpanan dari software besar yang mungkin akan jarang digunakan.
  11. Berikut ini adalah tiga menu yang saya pilih. Untuk melihat cuplikan singkat tentang fungsi dari menu tersebut, klik ke menu yang ada pada box menu. Klik Next untuk melanjutkan.


  12. Biarkan penyimpanan library nya default. Kemudian klik Next
  13. Biarkan folder programnya juga default, klik Next
  14. Klik Install untuk memulai proses instalasi. Pada tahap ini mungkin akan memakan waktu yang lama.
     

  15. Ini adalah tahap untuk menginstall driver. Klik Next, lalu Install.


     

  16. Seteah selesai, maka akan keluar pilihan ladder programming method. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Disini saya menggunakan One key input.
  17. Instalasi hampir selesai. Pilih Yes untuk segera merestart komputer, atau No untuk tidak merestart komputer saat ini. Tekan tombol Finish untuk menentukan pilihan.
  18. Untuk membuka programnya bisa langsing ke sini. Muncul jendela register, tekan exit.

  19. Selesai.

Itu dia tutorial tentang cara Install CX-Programmer. Selamat mencoba!


Sumber referensi

https://industrial.omron.us/en/products/cx-one

{ 11 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Yukisaki - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -