Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Minggu, 24 April 2016

Tarball
         Istilah TAR adalah kependekan dari Tape Archive. Sebuah tarball dan file tar adalah nama yang menggambarkan kelompok atau arsip dari file yang dikemas bersama-sama menggunakan perintah tar dan biasanya memiliki ekstensi file .tar.
        Jika file tar dikompresi dengan menggunakan perintah gzip, tarball akan berakhir dengan tar.gz. Menggunakan perintah gunzip, pengguna Linux dapat membuka kompresi file dan pengguna Microsoft Windows juga dapat membuat dan mengekstrak file tarball menggunakan utilitas kompresi 7zip.
        Software Unix di internet paling banyak didistribusikan dalam bentuk tarball. Ini berarti bahwa semua file telah dikemas ke dalam sebuah file tar, yang telah dikompresi dengan gzip untuk menghemat ukuran. Akhir dari nama file memiliki ekstensi .tar.gz. Kadang-kadang ini disingkat menjadi .tgz.



Pengarsipan tar sering digunakan bersama-sama dengan metode kompresi, seperti gzip, untuk membuat arsip terkompresi. Seperti ditunjukkan, kombinasi dari file dalam arsip dikompres sebagai satu unit.

Cara mengekstrak file tarball

        Dibawah ini adalah command untuk mengekstrak file tarball. Tapi apakah tarball hanya bisa diekstrak menggunakan terminal? tidak. Anda bisa menggunakan aplikasi pengganti fungsi winrar seperti di windows. Kalau tidak ingin kesulitan mengetikkan command ini. Fungsinya juga tetap sama.

.tar.xz
# tar -Jxf file.tar.xz
# tar Jxf file.tar.xz
# tar -Jxvf file.xz
.tar.gz
# tar xzvf file.tar.gz
# tar xvzf file.tar.gz
# tar zxf file.tar.gz
# tar -xzf file.tar.gz  
.tar.bz2
# tar xjf file.tar.bz2
# tar jxf file.tar.bz2
# tar xvjf file.tar.bz2
# tar -xjf file.tar.bz2
# tar jxvf file.tar.bz2 


compressed
.zip
# unzip file.zip

.rar
# unrar -e file.rar

Build dan install software

        Setelah tarball selesai diekstrak, maka akan muncul folder yang mengandung sejumlah paket instalasi. Masuk ke dalam direktori folder tersebut dengan klik dua kali atau ketikkan di terminal ; cd <folder>. Pada umummnya instalasi paket tarball akan menggunakan command di bawah ini.

# ./configure
# make
# make install

      
"./configure" Menggunakan mekanisme autoconf untuk mengambil informasi dalam sistem anda, dan membangun script di file sumber dalam rangka membangun binari yang kompatibel dengan instalasi Anda.
"Make" akan  menciptakan binari dari kode sumber.
"Make install" akan menyalin binari, dokumentasi, file konfigurasi, dll ke folder yang sesuai dari sistem Anda sehingga perangkat lunak tersedia untuk digunakan.
         Cara terbaik menambah aplikasi untuk sistem linux adalah men-download paket tar.bz2 dan tar.gz yang sesuai untuk sistem Anda terlebih dahulu. Selanjutnya adalah klik kanan pada file tersebut dan pilih ekstrak untuk dekompresi file. Buka lokasi folder yang Anda ekstrak kemudian carilah file Readme lalu, klik dua kali untuk membukanya dan ikuti petunjuk mengenai cara menginstal paket tertentu. Karena, mungkin ada panduan yang berbeda untuk instalasi yang sesuai dari file tersebut. Yangmana bila cara instalasi normal digunakan, mungkin tidak dapat terhindar dari beberapa kesalahan.


http://www.askubuntu.com
http://www.computerhope.com/jargon/t/tarball.htm

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yukisaki - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -